Profil

Perusahaan Kami

Sejarah Perusahaan

71 Tahun Menjaga Perjuangan dan Kebersamaan

Selama lebih dari setengah abad Haluan menemani masyarakat, tidak hanya menjalankan fungsi pers sebagai media penyampai informasi, pendidikan dan hiburan, tapi juga sebagai media yang melakukan pengawasan, kritik dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Sejarah dan nama Haluan identik dengan koran perjuangan. Berjuang untuk kepentingan daerah. Berjuang untuk kepentingan bangsa. Berjuang untuk kepentingan masyarakat.

 

Bagaimana Semuanya Bermula

Didirikan pada tahun 1948 oleh H. Kasoema (alm). Harian Haluan, merupakan merupakan surat kabar tertua di Sumatera Barat yang muncul pasca kemerdekaan.

Surat kabar ini terbit perdana di Bukit Tinggi yang waktu itu menjadi ibukota Provinsi Sumatera Tengah pada tahun 1948 di tengah gejolak revolusi nasional.

Pada Tahun 1958-1961, Haluan sempat berhenti terbit ketika terjadi pergolakan daerah (Peristiwa PRRI). Setelah situasi politik Sumatera Tengah kondusif, Haluan terbit kembali.

Pada tahun 1980-1990-an Haluan terus mendominasi pemberitaan daerah, khususnya di Sumatera Tengah hingga Jawa.

 

Terbentuknya Haluan Media Group sebagai proses berkelanjutan

Pada tanggal 1 Oktober 2010, Pengusaha asal Sumatra Barat, Basrizal Koto mendapatkan kepercayaan untuk mengelola Surat Kabar Haluan ini dengan tujuan melanjutkan kejayaan surat kabar tertua di Sumatra Barat ini.

Selanjutnya, Basrizal Koto, membuat keputusan penting untuk menyatukan anak usaha media di bawah holding HMG (Haluan Media Group) pada 1 Januari 2011. Yang terdiri dari Haluan Riau, Haluan Kepri dan perusahaan Radio.

Selain mendirikan Haluan Media Group, Basrizal Koto juga menghimpun sejumlah wartawan profesional dan berpengalaman, serta merekrut dan mendidik tenaga-tenaga muda nan segar dan penuh semangat, untuk menakhodai Haluan Media Group. Haluan semakin menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik.

 

Bertransformasi untuk memberikan integrated media solution.

Surat kabar kini semakin ditinggalkan seiring dengan perkembangan media digital dan teknologi komunikasi. 

Dalam menghadapi perubahan besar ini, Haluan Media Group yang kini di bawah pengelolaan generasi kedua terus berusaha melakukan inovasi untuk memperkuat lini usaha digital media, dan melakukan integrasi antar lini usaha tersebut, demi tercapainya interkonektivitas dengan ragam media

Langkah ini diambil untuk merevitalisasi Haluan pada bentuk lain, yaitu online, demi menjangkau lebih banyak pembaca. Dengan terus mempertahankan spirit Haluan sebagai media perjuangan. Haluan akan terus eksis untuk berjuang untuk kepentingan publik, kini dan kedepan.

Visi & Misi

VISI

Menjadi perusahaan media informasi atau multimedia yang kredibel bertujuan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

MISI

Melakukan diversifikasi usaha multimedia, terutama di bidang Digital Media dengan memberdayakan SDM, mempertahankan kredibilitas dan melakukan kolaborasi stratejik dengan upaya untuk perusahaan terbaik di bidangnya.

Membangun kerjasama yang positif dengan segenap mitra dan relasi untuk meraih nilai manfaat secara bersama. Mengembangkan tata kelola perusahaan yang baik dan profesional untuk menghasilkan nilai manfaat bagi pengelola media dan masyarakat sekitar.

NILAI

"Integritas, Inovasi, Sinergi dan Peduli."

Milestone

HMG Leadership Team