MENGGUNAKAN APBD 2013

Dinas BMSDA Perbaiki Jembatan Gantung Sawah

05 March 2013, 15:13
0 komentar | Dibaca: 472
Lomba pacu jalur di Teluk Kuantan (Foto: HaluanMedia.com)

TELUK KUANTAN, HALUAN MEDIA - Jelang pelaksanaan pacu jalur iven Nasional di Teluk Kuantan, jembatan gantung di Desa Sawah yang menghubungkan sejumlah desa di Seberang Taluk akan diperbaiki Dinas Bina Marga SDA Kuansing. Jembatan gantung ini telah menjadi akses transportasi masyarakat setempat. “Jelang pacu jalur, jembatan gantung ini telah bagus, saat ini kayu lantai jembatan telah disiapkan dan akan dilakukan perbaikan,” jelas Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, BMSDA Kuansing, Nasri Edi di Teluk Kuantan, akhir minggu lalu.

Perbaikan jembatan gantung Sawah akan difokuskan pada perbaikan lantai jembatan yang kondisinya sudah ada yang terlepas. Sementara dana perbaikan menggunakan APBD 2013. Semakin dekatnya pelaksanaan pacu jalur tentunya jembatan ini akan padat dilalui masyarakat, kalau lantainya tidak bagus akan menjadi keluhan masyarakat.

“Makanya jelang pacu jalur nanti, lantai kayu jembatan harus bagus dan masyarakat mudah melintas,” ujarnya.

Selain perbaikan lantai jembatan, pada 2013 BMSDA akan melakukan pembangunan tiga jembatan baru dalam bentuk rangka, diantaranya di Sungai Ulo, Desa Mudik Ulo, Hulu Kuantan, pembangunan jembatan Sungai Keresek di desa Sungai Keranji, Singingi dan jembatan rangka Desa Rawang Binjai, Pangean.

Untuk rehab jembatan akan dilakukan tahun ini, terutama rehab jembatan kayu lantai. Lantai yang rusak akan direhab seperti di Sungai Inuman, di Sungai Papan Rambahan Logas Tanah Darat yang saat telah disiapkan bahannya dan akan dilakukan pekerjaan.

Sementara jumlah jembatan kayu yang ada di Kuansing, dari data BMSDA Kuansing yang tinggal hanya 20 jembatan yang masih kayu. Ini akan menjadi prioritas untuk dibangun jembatan rangka, tapi butuh proses cukup lama karena dananya cukup besar. (rob)

BACA JUGA :