Masyarakat Tanjungpinang Memilih Hari Ini

31 October 2012, 15:40
0 komentar | Dibaca: 818
Pilkada Tanjung Pinang Kepri - HaluanMedia.com/kepri
 

TANJUNGPINANG (HK) – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri digelar hari ini, Rabu (31/10). Sebanyak 153.481 jiwa jumlah pemilih tetap yang terdiri dari perempuan 76.885 dan 76.626 laki-laki akan menggunakan hak suaranya di 364 tempat pemungutan suara (TPS).

Masyarakat Kota Gurindam akan menentukan pilihan, siapa yang akan menjadi pemimpin mereka dalam lima tahun kedepan. Empat pasangan calon walikota (cawako) dan calon wakil walikota (cawawako) sudah menyatakan siap menang dan siap kalah. Keempat pasangan kandidat itu yakni Maya Suryanti-Tengku Dahlan, Lis Darmansyah-Syahrul, Hendri Frankim-Yusrizal dan Husnizar Hood-Rudi Chua.

Menurut data yang diperoleh, calon kandidat nomor urut satu, Maya Suryanti, terdaftar dan akan menyoblos di TPS 128 RT 02 RW 03 Seiladi, kelurahaan Kampung Bugis, Senggarang, Tanjungpinang. Sedangkan pasangannya yakni Tengku Dahlan terdaftar di TPS 175 RT 03 RW 05 Kampung Bulang. Pasangan nomor urut dua, Lis Darmansyah terdaftar di TPS 211 RT 02 RW 06 kelurahaan Batu 9. Dan wakilnya Syahrul terdaftar di TPS 317 RT 03 RW 04 Sei Jang.

Kemudian, kandidat pasangan nomor urut tiga, Hendry Frankim terdaftar di TPS 67 RT 03 RW 02 Kampung Baru dan wakilnya Yusrizal terdatar di TPS 279 RT 03 RW 01 Tanjung Ayun Sakti. Sedangkan untuk kandidat pasangan nomor urut empat, Husnizar Hood terdaftar di TPS 330 RT 7 RW 6 Seijang dan Rudi Chua terdaftar di TPS 108 Pelantar I.

Ketua Panwaslu Kota Tanjungpinang Mas Furqon menerangkan, hasil pantauan yang dilakukan pihaknya, seluruh TPS yang tersebar di Kota Tanjungpinang telah siap menyelenggarakan pesta demokrasi pilkada hari ini.

“Petugas kami sudah siap dan seluruh TPS juga sudah siap. Masing-masing di TPS nanti terdapat 1 orang asisten Panwaslu yang akan memantau pemungutan suara hari ini,” kata dia.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang Hamid Ali menegaskan, jumlah total keseluruhan TPS yang yakni sebanyak 364 buah yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tanjungpinang.

“Semua petugas siap, kita juga dibantu oleh jajaran kepolisian dan aparat keamanan lain. Semoga pilkada hari ini berjalan tertib, aman dan lancar,” harapnya.

Salah satu kandidat, Rudi Chua saat dihubungi melalui sambungan handphone mengatakan, sekitar 3.000 relawan tim sukses internal telah disebar serta sebanyak 800 saksi di masing-masing seluruh TPS yang tersebar di Kota Tanjungpinang. Relawan yang dikerahkan akan merekap serta menvisualkan hasil perhitungan cepat (quikcount) serta mengirim cepat ke pos pemenangan H2RC yang berada di Jalan Sei Jang.

“Begitu direkap data perhitungan cepat suaranya, tim relawan langsung mengirimkan data itu ke posko pemenangan kita di Seijang,” katanya.

Walikota Tinjau TPS

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang Suryatati A Manan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) meninjau sejumlah TPS, Selasa (30/10) untuk melihat kesiapan TPS dalam menyukseskan pemungutan suara Pilkada Kota Tanjungpinang.

TPS pertama yang dikunjungi mulai dari Kecamatan Tanjungpinang Kota yakni TPS 136 Kelurahan Senggarang dan TPS 128 Kampung Bugis. Kemudian, rombongan melanjutkan pemantauan ke TPS yang berada di Kecamatan Tanjungpinang Timur, yakni, TPS 252 Kelurahan Pinang Kencana dan TPS 174 Kelurahan Kampung Bulang, lalu ke Kecamatan Bukit Bestari di TPS 299 Kelurahan Tanjungpinang Timur serta TPS 327 Kelurahan Sei Jang.

Selanjutnya, rombongan meninjau ke Kecamatan Tanjungpinang Barat TPS  93 Kelurahan Bukit Cermin, TPS 006 Kelurahan Tanjungpinang Barat. TPS terakhir yang dikunjungi rombongan adalah TPS 223 di Kelurahan Batu 9.

Dari tinjauan itu, tampak seluruh TPS sudah siap dan lengkap. Kotak suara dan jajaran petugas di masing-masing TPS sudah siaga di posnya masing-masing. Tampak juga para petugas Linmas sudah berjaga-jaga di sejumlah TPS.

Pemungutan suara hari ini, seluruh pelajar baik dari tingkat SD, SMP, SMA diliburkan termasuk jajaran pegawai negeri sipil (PNS) mendapatkan kompensasi agar dapat mempergunakan hak pilih pada masing-masing TPS di tempat tinggalnya.

Suryatati berharap, semua petugas dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan seluruh warga Tanjungpinang diminta untuk menggunakan hak pilihnya pada hari ini sebagai penentu pemimpin Tanjungpinang lima tahun ke depan.

“Kita semua tentu berharap, penyelenggaraan Pilkada Kota Tanjungpinang dapat berjalan lancar dan aman,” katanya. (yan)

BACA JUGA :