Hari Ini, Paripurna HUT Kepri di Dompak

24 September 2012, 09:40
0 komentar | Dibaca: 726
Haluan Media : Situs Berita Terbaru & Aktual Padang , Riau dan Kepri | Hari Ini, Paripurna HUT Kepri di Dompak
Paripurna HUT Kepri di Dompak

TANJUNGPINANG (HK)- Era baru Pemerintahan Provinsi Kepri akan dimulai, yang ditandai dengan pelaksanaan sidang paripurna di Kantor DPRD Kepri yang baru di Dompak, Senin (24/9). Paripurna perdana tersebut adalah paripurna istimewa dengan agenda peringatan hari ulang tahun (HUT) Provinsi Kepri ke-10.

Ketua DPRD Provinsi Kepri, Nur Syafriadi mengatakan, penggesaan Kantor DPRD Kepri pindah ke Dompak, sesungguhnya bukanlah sebuah sensasi yang diberikan lembaga legislatif Kepri. Tapi lebih kepada agar pusat perkantoran yang dibangun dengan dana yang sangat besar tersebut dapat segera digesa penyelesaiannya.
Walaupun, dia menyadari saat ini berbagai fasilitas yang ada masih sangat minim.

“Jika perhitungannya adalah fasilitas, maka kita harus mengakui saat ini masih sangat minim. Karena itu kita minta maaf pada semua undangan yang hadir dalam paripurna istimewa nanti agar hal ini dapat dimaklumi. Kalau dari kalangan anggota dewan sendiri, kami sudah sepakat bahwa kami siap bertugas tanpa dilengkapi peralatan kerja memadai,” kata Nur saat menggelar doa syukuran penempatan kantor DPRD Kepri yang baru di Pulau Dompak, Minggu (23/9).

Kata Nur, jika tolok-ukurnya adalah fasilitas kerja, tentunya DPRD tidak mau cepat pindah ke kantor baru di Dompak. Soalnya, fasilitas kantor yang lama sangat bagus dan dilengkapi alat yang canggih, harus berganti dengan fasilitas apa-adanya.

“Tapi, kalau tidak kita mulai, tentu tidak akan terjadi pemindahan ini,” katanya.

Menurut Nur, penggesaan pindah kantor ke pusat pemerintahan Provinsi Kepri itu, juga terkait upaya memberikan pelayanan terpadu bagi masyarakat Kepri. Selama ini, banyak kantor SKPD (satuan kerja perangkat daerah) di lingkungan Pemprov Kepri yang menggunakan ruko (rumah toko). Pegawai pun terpaksa berdesak-desakan menjalankan tugas. Pusat pemerintahan di Dompak, akan memberikan jawaban nyata, bahwa pelayanan terpadu itu akan terealisasi secara optimal.

“Atas nama Ketua DPRD Provinsi Kepri, saya mengucapkan selamat hari jadi Provinsi Kepri kesepuluh tahun. Kelahirannya ditandai terbitnya Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 oleh DPR RI tentang pembentukan Provinsi Kepri.

Ditemui di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, Suhajar Diantoro menjelaskan, selain paripurna, Pemprov Kepri juga menggelar upacara peringatan di halaman Gedung Derah, di kawasan tepi Laut, Tanjungpinang. Selain di pusat ibu kota provinsi, Gubernur Kepri HM Sani juga sudah menginstruksikan ke seluruh kabupaten kota hingga ke tingkat kecamatan untuk menggelar upacara yang sama.

“Bahan pidatonya seragam, yang dibuat langsung oleh Gubernur Kepri. Sedangkan inspektur upacara di masing-masing daerah, adalah kepala daerah atau wakilnya. Termasuk camat di tiap kecamatan,” ucapnya.

Kemudian, kata Suhajar, Pemprov Kepri juga telah menerbitkan surat edaran untuk seluruh PNS di Provinsi Kepri, agar menggunakan baju kurung Melayu selama satu minggu penuh, mulai Jumat (21/9) lalu.

“Ini sebagai tanda, bahwa kita tengah melaksanakan dan memperingati hari lahir Provinsi Kepri ke-10,” terangnya.

Selain itu, lajut dia, ada juga beberapa rangkaian kegiatan lainnya, termasuk pameran foto pembangunan yang akan digelar di Ocean Corner, Kota Tanjungpinang selama tiga hari ke depan.

“Dan di peringatan ulang tahun Kepri ini, akan hadir Gubernur Riau Rusli Zainal, Ketua DPRD Jambi, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Barat dan Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung,” katanya. (rul)

BACA JUGA :