Astaka MTQ Jadi Kantor Dinas Pariwisata

10 January 2013, 10:54
0 komentar | Dibaca: 653
Haluan Media : Situs Berita Terbaru & Aktual Padang , Riau dan Kepri | Astaka MTQ Jadi Kantor Dinas Pariwisata
Bangunan Astaka MTQ Bintan (Foto: HaluanMedia.com)

BINTAN, HALUAN MEDIA – Astaka MTQ tingkat Provinsi Kepri yang berlokasi di jalan Teluk Bakau, Bintan kini dijadikan kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bintan. Penempatan kantor ini ditandai dengan pembukaan papan selubung nama oleh Bupati Bintan, Ansar Ahmad beserta tokoh masyarakat dan undangan Rabu (9/1).

Kepala Disparbud Bintan Setioso mengatakan, dengan perpindahan kantor tersebut tentunya masyarakat sekitar dan Bintan umumnya akan lebih dekat lagi.

“Ke depan kawasan ini akan kita jadikan kawasan promosi pariwisata dan kebudayaan, dimana di sekitar lokasi tersebut nantinya ada permainan rakyat, layang-layang dan sebagainya,” imbuh Setioso.

Di lokasi tersebut, lanjut dia, juga akan dijadikan pengembangan ekonomi kreatif dengan menampilkan kerajinan yang dapat diperjualbelikan bagi masyarakat, untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad dalam sambutannya mengatakan, lokasi kantor Disparbud kedepan akan dimanfaatkan seoptimal mungkin yang nantinya dilengkapi dengan ekonomi pariwisata, seperti membuka toko dewan kerajinan nasional daerah (dekranasda) Bintan dan lainnya.

“Tahun ini juga kita akan mengupayakan dari APBD untuk membangun workshop, sebagai tempat kerajinan makanan dan lainnya. Workshop ini akan kita gunakan dari dana APBD Perubahan. Sehingga nantinya sebagai tempat penjualan kerajinan tangan, keperluan pariwisata, batik, rumah makan maupun kedai kopi,” kata Ansar.

Di samping itu lanjutnya, Pemkab Bintan juga akan membangun museum bahari di lokasi dekat kantor Disparbud Bintan, mendorong aktifitas sport tourism, pengambangan budaya dan sebagainya.

Ansar juga mengatakan bahwa lokasi tersebut nantinya dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas yang akan dilengkapi dengan berbagai sarana maupun prasarana pendukungnya, baik itu sebagai museum, permainan panjat tebing, flying fox dan lainnya.

“Mengenai dengan sarana transportasi darat untuk menjangkau tempat tersebut, kita akan menggandeng pihak ketiga untuk bekerjasama dengan Pemkab dalam penyediaan angkutan desa, sehingga bisa ditempuh ke lokasi ini,” imbuhnya.

Usai meresmikan penggunaan kantor Disparbud Bintan, Bupati beserta Wabub Bintan Khazalik, Sekdakab Bintan Lamidi dan sejumlah Pimpinan SKPD Bintan meninjau lomba perahu Jong dibelakang lokasi MTQ Kepri. (eza)

BACA JUGA :