JALAN SULIT DILALUI

Desa di Anambas Butuh Perbaikan Jalan

16 January 2013, 13:50
0 komentar | Dibaca: 484
Jalan di Kecamatan Palmatak Anambas (Foto: HaluanMedia.com)

ANAMBAS, HALUAN MEDIA – Warga Desa Payak Laman Putik, Kecamatan Palmatak mengharapkan adanya perhatian dari pihak pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) maupun dari PT Conocco Philip, untuk memperbaiki jalan menuju pusat Kecamatan di desa mereka yang kondisinya saat sulit untuk dilalui.

Hal tersebut disampaikan Kiki, warga ini kepada Haluan Kepri akhir pekan lalu. Menurutnya sejauh ini Pemkab Anambas telah memiliki rencana untuk percepatan pembangunan di desa yang dimekarkan pada tahun lalu tersebut.

“Memang sudah ada rencana dari pemerintah. Kita harapkan dapat segera terealisasi jalan ini. Karena kondisinya masih jalan tanah dan sulit dilalui,” ungkapnya.

Desa Payak Laman Putik terbentuk melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kepulauan Anambas nomor 13 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Desa. Sebelum dimekarkan Air Bini telah menjadi pusat Kecamatan Palmatak. Selain pusat desa, di tempat yang sama juga ada Kantor Kecamatan Palmatak.

Buruknya kondisi jalan di wilyah ini, dengan struktur jalan di perbukitan dan penurunan yang terjal. Serta bebatuan yang berada ditengah jalan. Menyebabkan kedua RT yang hanya berjarak sekitar satu jam berjalan kaki ini sulit dilalui. Sehingga anak sekolah dari di desa itu harus naik pompong pulang dan pergi sekolah.

“Masyarakat sangat butuh akses jalan ini. Karena ini sangat fital. Apalagi Kepala Desa sudah ada termasuk Puskesmas juga sudah siap. Kantor desa dan puskesmas sangat dibutuhkan layanan oleh masyarakat setiap hari,” terangnya

Ditambahkannya, bila saja jalan tak kunjung diperbaiki akan menyulitkan akses bagi petugas pemerintah yang berkantor di Kecamatan Palmatak, maupun ke wilyah lainnya Desan, menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat menuju ketempat tujuan warga.

“Sulit dilalui, apalagi pada musim hujan yang akan berlangsung hingga maret. Jalan licin dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua. Dibutuhkan semenisasi jalan ini segera,” ucapnya (nel).

BACA JUGA :